Wednesday, August 8, 2012

Resep : Es Mambo Kacang Ijo

Nyummy... Akhirnya sukses juga bikin es mambo yg enak. Akhirnya kesampekan jg ngicipin es mambo yg kemarin sore aku cobain. Nyummy deh.

Ternyata setelah diicipi, esnya lembut en kacang ijonya kesebar rata.

Ini resepnya yaaa : 
resepnya sedikit aku modif dari: Resep Masakan Bunda


Ingredients:
Bahan 1: 
50g kacang hijau, rendam dalam air semalaman (kalau aku kemarin cuma redam 2 jam) tiriskan 
300ml air, untuk merebus (kalau aku secukupnya deh) 
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
2cm jahe (kalau ga suka rasa jahe bisa dihilangkan)
150gram gula pasir (atau icipi sampai manisnya kira-kira 2x nya manis bubur kacang ijo biasanya. Karena susu/santannya ga dikasih gula lagi)

Bahan 2:
500ml santan/ susu cair (aku pakai susu uht fullcream)
2 sdm tepung kanji (larutkan dalam sedikit air)
1 lembar daun pandan

Directions:
Campurkan semua bahan 1 masak sampai airnya tinggal sedikit dan kacang dah lembut, sisihkan. *buang jahe dan daun pandannya*

Masak santan/susu cair bersama larutan kanji hingga mendidih, timba-timba supaya tidak pecah. Angkat, dinginkan. *buang daun pandannya*

Setelah dingin (kemarin aku cuma sampek hangat2 kuku), masukkan santan/ susu ke dalam bubur kacang hijau. 
Aduk rata sampai membentuk adonan licin Masukkan ke kantong plastik (atau cetakan es) dengan bantuan corong, ikat ujungnya, masukkan freezer.

En hasilnya kayak di foto dunk. Enakkkk

1 comment:

  1. Wah, terima kasih resepnya. Besok mau dicoba ah. Kayaknya berhubung nggak hujan-hujan, ngenyotin es mambo ginian enak tuh.

    ReplyDelete